Membuat Booting/ Startup Disk dengan Windows XP

floppyMembuat Booting/ Startup Disk dengan Windows XP – Bagi pengguna microsoft dengan windows 98 atau 95 tentu ingat bagaimana untuk membuat startup disk ketika windowsnya problem maupun untuk menginstall ulang windowsnya. Startup pada windows 98 dan 95 hanya membutuhkan sistem DOS yang sama dengan windowsnya dan kemudahan untuk membuatnya dengan masuk ke menu my computer dan pilih create startup disk dan dengan menyediakan satu floppy maka startup disk-nya sudah siap digunakan.

Ketika pengguna win98/95 beralih menggunakan Windows XP maka fasilitas ini tidak diikut sertakan sehingga ketika Windows XP kita problem maka mau tidak mau kita harus menggunakan CD instalasinya untuk melakukan perbaikan/repair.

flashdiskSebetulnya kita masih dapat membuat Booting/ Startup disk pada Windows XP, tentunya sedikit rumit tapi masih mudah dilakukan. Startup disk ini bisa digunakan pada partisi yang menggunakan system NTFS (Win XP, Win 2000, Server 2000/2003) dan FAT (Win 95, Win 98, Win XP).

  1. Siapkan sebuah disket floppy kosong lalu format dahulu dengan command prompt (ms-dos console pada Windows XP), ketikkan format a: kemudian ENTER.
  2. Copy file NTLDR dan NTDETECT.COM, biasanya terdapat pada folder C: dalam komputer sobat, bila sulit menemukan gunakan fasilitas search pada windows explorer atau pada folder I386 pada CD instalasi Win XP sobat.
  3. Buat file boot.ini dengan notepad, tuliskan perintah sebagai berikut:
    [boot loader]
    timeout=30
    Default= multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)windows
    [operating systems]
    multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)windows=Windows XP
    Perintah tersebut diatas digunakan jika Win XP diinstall pada folder windows dan single-drive partition IDE. Jika sobat tidak menggunakan IDE drive tetapi SCSI drive maka rubah multi(0) dengan scsi(0).
  4. Startup Disk siap digunakan dan restart komputer sobat.

Hal yang bisa kita lakukan dengan Startup ini adalah:

  1. Boot sector yang rusak, dapat menggunakan Windows XP Recovery Console.
  2. MBR (master boot sector) yang rusak, dapat menggunakan Windows XP Recovery Console.
  3. Serangan virus, pastikan dahulu virusnya telah bersih dengan program antivirus.
  4. Hilang dan rusaknya file ntldr dan Ntdetect.com

Selain itu kita juga bisa menggunakan CD intalasi Win XP sebagai Booting Disk-nya. Cara diatas pernah saya lakukan ketika MBR saya rusak sehingga diperlukan recovery Win XP, jadi silahkan sobat coba tips yang saya pernah gunakan ini.

Selamat mencoba, semoga berhasil dan jangan lupa COMMENT-nya ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *